Sabtu, 13 Februari 2010

Membuat Icon flasdish dengan foto sendiri

kali ini kita coba buat icon buatan kita sendiri, bisa pake pic kita sendiri juga.

untuk membuat image dengan format file .ico, kita memerlukan program khusus, nama programnya icofx, program ini gratis alias freeware & bisa di cari di mbah google.

klo udah dapet icofx nya, trus install & ikuti langkah2 berikut ini :

1. Pilih foto yg akan di jadikan bahan.

2. Buka photoshop, kemudian buka file gambar yg akan digunakan, kemudian ubah ukuran gambar jadi 48x48 pixel.

3. Simpan gambar ke dalam format JPEG atau BMP.

4. Kemudian buka program icofx,klik menu File>Import image. di jendela open yg muncul, cari gambar yg udah di ubah sebelumnya jadi 48x48 pixel tadi.
kalo udah ktemu, klik open, muncul menu pop up new image, pada box color beri tanda pada pilihan true color + alpha channel (32bits) & pada box size tandai pilihan 48x48, klik OK kalo udah, kita akan memasuki jendela kerja icofx. Download iCofx klik disini..






5. kalo masih mau di edit dalam jendela icofx, anda bisa nambahain text, nambahin effect,merotasi gambar, dlsb. Gunakan tool2 yg tersedia (silahkan pelajari sendiri).

6. kalo udah puas ngeditnya, klik menu File>Save As. Pada tab save in tentukan directory dimana kita akan menyimpan filenya, sebagai contoh kita simpan di C:/, kemudian beri nama.

7. Nah sekarang kita udah punya icon buatan sendiri, langkah selanjutnya membuat file autorun agar icon dapat di tampilkan sewaktu kita mencolokkan USB stick ke komputer.

8. Buka program notepad, kemudian ketikkan command berikut ini :

[Autorun]
icon=ubiT.ico

kata yg bergaris miring merupakan nama file icon yg akan digunakan, dalam contoh saya memberi nama filenya dengan ubiT, kalo nama icon yg ente pake beda, maka silahkan sesuaikan.

9. Kalo udah, klik menu File>Save As pada program notepad. Beri nama file autorun.inf (namanya harus autorun.inf, jangan diganti-ganti), kemudian pada tab save as type klik menu pulldown, kemudian pilih All files.



10. Simpan di mana kita menyimpan file iconya tadi, dalam contoh kita menyimpanya di C:/, klik save.

11. Kalo udah, copy file autorun.inf dan file icon tadi ke dalam USB stick, cabut USB stick kemudian colokan kembali ke komputer dan lihat hasilnya.
Icon USB akan berubah menjadi icon yg telah kita buat, dan ini tidak hanya terjadi di komputer kita sendiri, tetapi di komputer manapun jika andan mencolokan USBstick anda.



12. Agar terlihat sempurna, jadikan kedua file tadi (autorun.inf dan iconya) hidden file, agar kedua file tadi tidak terlihat. Caranya dengan mengklik kanan kedua file tadi kemudian pilih properties, beri tanda checklist pada checkbox hidden, klik OK jika sudah.

Note :
  • file icon dan file autorun.inf harus terletak pada satu jendela yang sama, tidak boleh terpisah.
  • Jangan sekali-kali memasukkan file autorun.inf dan file iconnya ke dalam folder apapun, jika anda melakukanya maka trik ini tidak akan berjalan.
  • Trik ini juga dapat digunakan untuk mengubah icon pada drive Anda (C:/, D:/, dll).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar